Pin It

Jasa layanan Internet Harus Miliki Izin

11 Views

fdgh

Kepala Dinas Perhubungan Infokom Kabupaten Kampar Hambali.SE.MBA, MH melalui Kepala Bidang  Informasi dan Komunikasi Nurlis.S.Sos mengatakan, bahwa bagi pemilik usaha jasa internet dan sejenisnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kampar  wajib mengantongi izin usaha dari Pemerintah Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Nurlis diruang kerjanya Kamis (19/5) diruang kerjanya usai mengikuti Geladi Bersih Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Harkitnas ke 108 tanggal 20 Mei 2016 dimana dinas Perhubungan infokom menjadi penanggung jawab pelaksana kegiatan tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar keberadaan usaha Warnet, Game Online, dan Playstation dalam mengembangkan usahanya tercatat secara resmi dan lebih mudah untuk diawasi, dan terlebih dari itu, perizinan yang dimaksud adalah untuk memberikan keamanan dan kenyaman bagi masyarakat pengembang dalam berusaha.

Sebagai mana dimaksudkan dengan Peraturan daerah Nomor 11 tahun 2012 tentang jasa layanan internet, serta peraturan perundang-undang yang lebih tinggi terkait usaha internet dan sejenisnya ini.

Apabila setiap usaha yang dikembangkan tidak memiliki izin usaha, maka usaha yang dikembangkan tersebut adalah usaha ilegal dan bertentangan Peraturan daerah Kabupaten Kampar. Apabila hal ini terjadi pihaknya telah melakukan koordinasi dan menyampaikan surat secara resmi kepada Kepala Satpol PP kab.kampar, sebagai instutusi yang bertugas mengamankan dan menegakkan pelaksanaan Perda ini, untuk mengambil langkah-langkas penertiban, yaitu dengan memberikan penyuluhan, peringatan bahkan sampai kepada langkah tindakan tegas seperti penyegelan, apabila pemilik tetap tidak berkomitmen dalam mengurus perizinannya.

Pertumbuhan layanan jasa internet dan sejenis ini sudah sangat marak di Kabupaten Kampar, dari segi positif ujar Nurlis usaha jasa layanan internet ini sangat membantu perkembangan system informasi bagi masyarakat yang semakin membutuhkan, dengan demikian kebutuhan informasi yang makin meningkat ini otomatis menyebabkan melahirkan pula perkembangan usaha bagi masyarakat.

Namun perlu dicatat bahwa kegiatan ini harus dikendalikan dan di awasi, agar tidak melenceng dari tujuan keberadaan Warung internet ini, yaitu memberikan layanan informasi yang cepat, tepat dan murah.

Untuk itu dengan diberlakukannya Perda Kabupaten Kampar  No.11 tahun 2012 tentang jasa layanan internet, para pengembang wajib mengurus izin,apabila ini tidak diindahkan, maka pengembang dinilai tidak memiliki komitmen dalam memberikan kontribusi positif bagi daerah Kabupaten Kampar ini. Dan konsekwensi dari semua itu pengembang harus siap menanggung resiko karena usaha dicatat sebagai usaha illegal di Kab.Kampar. untuk itu Kabid Infokom minta bagi setiap masyarakat dapat mengurus perizinan ini. (Perhubungan Infokom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *