Pin It

Rapat Tindaklanjut MoU Politeknik Kampar dan Dinas Perhubungan Kab. Kampar Tentang Rancangan Animasi Prototype Jalan yang Memenuhi Standar Keselamatan Transportasi.

12 Views

Upload 3  Rapat yang diadakan pada tanggal 04 April 2017, yang diikuti oleh Anggota Tim Tenaga Ahli beserta beberapa pegawai Dinas Perhubungan Kab. Kampar membahas tentang tindaklanjut MoU antara Polkam dengan Dishub Kab. Kampar tentang Rancangan Animasi Prototype Jalan yang Memenuhi Standar Keselamatan Transportasi.

 Seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih menuntut kita untuk lebih inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Seperti dalam bidang penyampaian informasi yang biasanya dituangkan dalam bentuk power point, sekarang bisa ditingkatkan lagi dengan mengimplementasikannya menggunakan video animasi menggunakan multimedia. Cara ini merupakan suatu strategi dalam penyampaian informasi yang lebih efisien karena informasi yang disampaikan bisa digabungkan dalam bentuk teks, suara, gambar, animasi, audio dan video.

 Berkaitan dengan gambaran informasi diatas sesuai dengan agenda rapat, multimedia dapat dimanfaatkan untuk membangun suatu animasi prototype jalan yang memenuhi standar keselamatan transportasi dengan mengambil ruas jalan atau titik kajian jalan dari jl. Subrantas hingga jl. Ayani, yang merupakan akses jalan protokol (jalan yang menjadi pusat keramaian lalu lintas).

Adapun hal-hal yang dibahas dalam rapat sebagai berikut:

  1. Rancangan animasi prototype jalan yang memenuhi standar keselamatan transportasi, dengan titik kajian jalan yaitu dari jl. Subrantas hingga jl. Ayani.
  2. Kondisi Existing ada dua yaitu : Dalam bentuk video yang direkam dan dikonversikan dalam bentuk animasi standar ruas jalan.
  3. Berdasarkan kondisi exting tersebut, kemudian dirancang traffic lighr, marka jalan, paku marka jalan, trotoar, hal serta prasarana jalan dan fasilitas keselamatan transportasi lainnya.
  4. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam perancangan dan pembuatan animasi jalan yaitu:
  • Dirancang taman-taman dipinggir trotoar yang berfungsi sebagai penghijauan sekaligus untuk mendinginkan pedestrian (pejalan kaki), sehingga trotoar menjadi lebih nyaman buat pedestrian. Posisi pada trotoar jangan datar dan tidak boleh terlalu tinggi dengan jarak 10 cm.
  • Membuat jalur buat pesepeda.
  • Menampilkan satu atau dua buah halte, apakah di setiap persimpangan atau didepan lapangan pelajar.
  • Tempat parkir diperbaiki atau dibenahi.
  • Memperbaiki posisi lampu jalan, tidak boleh di trotoar karena dapat menghambat kenyamanan pejalan kaki.
  • Jangan dibuat median jalan.
  • Membuat paku marka jalan.
  • Kemudian memperhatikan standar pemasangan zebra cross.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *