Pin It

Ini Tempat Duduk Paling Aman Jika Naik Moda Transportasi

33 Views

Sebagai penumpang kendaraan umum, kita pasti memikirkan sejumlah tempat duduk yang nyaman agar perjalanan menjadi menyenangkan. Namun, harus kita sadari juga bahwa memilih tempat duduk aman juga punya pengaruh terhadap keselamatan kita.

Berikut ini tempat duduk yang aman saat berkendara dengan sejumlah transportasi, melansir Brightside, Rabu (13/12/2017).

  1. Minibus

Tempat duduk yang dianggap aman, terletak membelakangi jalan mobil. Biasanya lokasi tempat duduk ini persis di belakang supir dan dekat pintu.

Selain mudah keluar karena di dekat pintu, tempat duduk ini juga dapat menghindari benturan kuat ketika mobil mengalami rem mendadak.

Meskipun terbilang aman, banyak orang menghindari tempat duduk ini karena menyebabkan pusing melihat jalan yang berlawanan arah. Sedangkan, bangku yang bisa dianggap berbahaya yakni di samping supir.

  1. Bus

Untuk mencari tempat duduk yang aman, kamu bisa hindari duduk dekat jendela atau duduk sederet di belakang supir. Hal ini bertujuan agar kita bisa menghindari pecahan kaca ataupun benturan dari sisi bus. Kamu bisa memilih tempat duduk mendekati bagian tengah bus untuk mengurangi risiko terluka ketika terjadi kecelakaan.

  1. Kapal laut

Area yang paling aman untuk bertransportasi dengan kapal laut yakni di bagian dek atas. Hal ini dimungkinkan sebagai bagian yang paling akhir untuk tenggelam.

Sedangkan bagian bawah dek merupakan bagian yang dianggap berbahaya. Ketika mengalami kebocoran air maka bagian dek bawah yang terkena pertama kali, hal ini akan menyulitkan untuk keluar.

  1. Mobil

Tempat duduk yang dianggap aman teletak di belakang pengemudi dan di bagian tengah. Kursi di samping pengemudi berbahaya karena ketika terjadi kecelakaan orang yang berada di bagian samping tidak bisa menghindar.

  1. Kereta Api

Area yang aman lebih mengarah kepada bagian tengah gerbong. Hal ini disebabkan, pada saat terjadi kecelakaan, bagian yang kerap mengalami kerusakan atau keluar dari jalur ialah gerbong kereta pertama dan terakhir. Kamu bisa memilih gerbong kelima dan keenam sebagai area yang terbilang aman.

  1. Pesawat

Menurut penelitian Universitas Greenwich, orang-orang yang selamat dari kecelakaan pesawat lebih banyak duduk di area dekat pintu keluar.

Mengutip Time, bangku yang paling aman bedasarkan penelitian Federal Aviation Admstration CSRTG, ialah berada pada posisi belakang dekat dengan bagian ujung pesawat.

Perbedaan tempat duduk yang aman di pesawat memang membingungkan. Tapi, sebenarnya risiko kematian akibat dari kecelakaan pesawat tidak berpengaruh pada tempat duduk. Bahkan, menurut para ahli keselamatan, dalam pesawat tidak ada tempat duduk yang aman.

Walaupun begitu berpergian dengan pesawat sebenarnya aman. Faktanya, perbandingan kecelakaan pesawat ternyata lebih rendah dari transportasi lain seperti sepeda motor dan bahkan pejalan kaki.

.(Dishubkampar/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *