Pin It

20 Kecamatan Basiacuong di Pinggir Sungai Kampar

166 Views

Kegiatan tradisi Basiacuong resmi ditutup. Adu kebolehan berbalas kata yang digunakan dalam adat di Kabupaten Kampar terutama dalam pelaksanaan prosesi pesta perkawinan itu menarik perhatian.

Usai dibuka oleh Bupati Kampar Azis Beberapa hari kemarin, sebanyak 20 dari 21 Kecamatan, kecuali Kecamatan Kampar Kiri Hilir yang tidak mengutus peserta basiacuong dalam rangka hari jadi Kabupaten Kampar ke-68 tahun 2018 ini, maka pada malam kedua, Jumat (2/2/2018) Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto resmi menutup kegiatan tersebut.

Kecamatan yang unjuk kebolehan basiacuong dilaksanakan di areal Pinggir Aliran Sungai Kampar  jembatan kembar Bangkinang Kota atau Bangkinang River Side (BRS), sebelumnya telah tampil 10 Kecamatan telah selesai menampilkan basiacuong yang bertema maantau jambau (Menghantar makan bajambau).

Dikatakan Wakil Bupati Kampar, sebagaimana himbauan Bupati Kampar pada pembukaan kemarin basiacuong/sisombau ini bertujuan  melestarikan adat dan bagaimana adat istiadat Kampar dapat terus dikembangkan.

“Kita ucapkan selamat hari jadi Kabupaten Kampar ke-68 tahun 2018, kepada seluruh panitia saya acungkan jempol, yang telah bertungkus lumus. Semoga dengan kegiatan ini kita dapat mengingat masa-masa jayanya Kabupaten Kampar,” kata Catur Sugeng.

Ditambahkan Wakil Bupati Wabup, Kampar merupakan negeri yang religius, beradat dan  berbudaya, maka berdasarkan inilah Pemkab Kampar membuat suatu terobosan yang baru yakni basiacuong.

“Hendaknya ini dapat diteruskan sehingga Kabupaten Kampar sebagai Negeri yang beradat dan terkenal dengan daerah yang sangat religius dapat kita jaga,” pesannya.

“Kita cukup bangga ini telah dapat berjalan dengan baik serta antusias masyarakat yang tinggi, namun kedepan tentunya kita berharap ini tentu terus disempurnakan, mudah-mudahan masyarakat ikut menikmati terhadap acara yang telah dilaksanakan,” pesan Catur Sugeng lagi.

Pada akhir sesi, Wakil Bupati Kampar yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs H Yusri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cokro Aminoto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Syamsul Bahri, menyerahkan piagam kepada 5 Peserta Terfavorit Satu  Kecamatan XIII Koto Kampar, disusul Terfavorit Kedua dari Kecamatan  Bangkinang, kemudian Terfavorit Ketiga diraih kecamatan Kuok.

Selanjutnya Terfavorit Keempat kecamatan Kampar dan terfavorit kelima diraih oleh keamanan Kampa.

Terfavorit

Lomba Basiacuong antar Kecamatan se-Kabupaten Kampar resmi ditutup oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng dan Kecamatan XIII Koto Kampar meraih prestasi nilai terbaik sehingga dinobatkan sebagai peserta Terfavorit.

Syawir Dt Tandiko selaku Koordinator Kuri menyampaikan, bahwa kelima kecamatan terbaik basiacuong hasil seleksi dewan juri menghasilkan 5 Kecamatan Terfavorit.

Dikatakan Syawir dt Tandiko, keputusan yang sangat sulit karena semua peserta menampilkan

yang terbaik. “Namun ini tetap kita tetapkan 5 Terfavorit, semua kecamatan telah menampilkan yang terbaik pada dua malam ini,” kata Syawir Dt Tandiko.

Kepada peserta 5 Terfavorit tersebut diberikan piagam dan uang motivasi atas keikutsertaan dan prestasi. (Dishubkampar/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *