Pemkab Kampar Akan Bangun Jalan Sungai Jernih-Poro

Pemerintah Kabupaten Kampar menyepakati perencanaan pembangunan infrastruktur jalan Sungai Jernih-Poro yang menghubungi 5 Kecamatan dan 15 Desa.

5 Kecamatan itu adalah Kecamatan Kampa, Kecamatan Tambang, Kecamatan Kampar Utara, Rumbio Jaya, dan Bangkinang. Sedangkan 15 Desa terdiri dari desa Pulau Birandang, Desa Sungai Pinang, Kuapan, Sungai Tonang, Muara Jalai dan Desa Sendayan, Desa Sungai Jalau, Desa Naga Beralih, Desa Sawah, Desa Simpang Petai, Desa Teratak, Desa Pulau Payung, Desa Alam Panjang, dan Desa Sei Jernih yang keseluruhannya lebih kurang sepanjang 26 kilometer .

kesepakatan tersebut terlaksana saat Rapat Sosialisasi Pembangunan Jalan Sungai Jernih-Poro di Ruang Rapat Bupati Lantai II Kantor Bupati Kampar yang dihadiri Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kampar Ir H Azwan M.Si, Kadis Perkebunan dan kesehatan Hewan Kabupaten Kampar Ir. Bustan, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Fadli Muktar, dari Dinas PUPR Kabupaten Kampar Chairil Anwar, Camat Kampar Kholis Febriyasmi, Camat Tambang Alkautsar, Camat Rumbio Jaya Ni’am Saleh, Camat Kampar Utara Lukmansyah Badu dan Camat Bangkinang Amir Lutfi serta 15 Kades, Kamis (22/3/2018).

Dia menginginkan Kabupaten Kampar ini dijadikan suatu daerah industri yang berbasis pertanian yang modern untuk kemakmuran masyarakat secara utuh, kemudian dari hal tersebut muncul 6 misi dan 3 (tiga) program yaitu Infrastruktur, Industri dan Investasi atau 3i.

Orang nomor satu di Kampar itu menambahkan, untuk mewujudkan industri tersebut maka akan disiapkan infrastrukturnya, dalam kontek ini dibutuhkan kesepakatan untuk membangun dan mensejaterahkan masyarakat di negeri ini, namun harus di dukung oleh camat dan kades beserta masyarakat.

Dikatakannya, dengan membuka badan jalan 20 atau 15 meter, edit-value (nilai tambah) dari tanah tersebut yang semula Rp.10.000 sampai dengan Rp.30.000 permeter bisa menjadi Rp.100.000 per meternya dan ini belum dihitung dari hasil tanah itu sendiri.
Dia juga mengatakan dengan membangun dan membuka jalan yang dapat menghubungi antar kecamatan ini maka zona atau wilayah dari harga tanah disana akan meningkat drastic sebab akses jalan sudah ada dan layak.

Bupati Kampar itu juga meminta agar Camat dan Kades untuk dapat mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat melalui berbagai pertemuan atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa dan kecamatan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Kampar Ir H Azwan M.Si sebelumnya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar telah merencanakan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan ini sudah dimasukkan pada Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk pembangunan jalan baru, sangat penting karena ini akan menjadi salah satu untuk dapat meningkatkan perekonomian di 15 desa dari 5 kecamatan tersebut.

Sumber : Kamparkab.go.id

.(Dishubkampar/rd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *