Ahli Perkeretaapian Belanda Beri Kuliah Umum di STTD

Pada hari Senin (26/3/2018), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) kedatangan ahli (expert) bidang perkeretaapian dari Belanda dan memberikan kuliah umum bagi para taruna dan pengajar STTD di Gedung Auditorium STTD. Para ahli tersebut adalah John Echter, Peter Langendijk dan Leo Haring.

Dalam kuliah umumnya, John Echter menyampaikan paparan Signal Maintenance. Lebih lanjut dijelaskan bahwa metode perawatan persinyalan mengacu pada metode FMECA (failure mode, effect and critcality analysis) dimana terdapat identifikasi terkait kegagalan sistem, dampak, dan penyebab kegagalan. Dilakukan berdasarkan 4 tahapan yaitu Plan, Do, Check, Action.

Sedangkan Peter Langendijk membawakan Track Inspection & Sertification. Dalam penjelasannya disampaikan bahwa terdapat beberapa jenis pemeriksaan pada track yaitu pemeriksaan pertama dan pemeriksaan berkala. Dimana pemeriksaan tersebut harus dilakukan dengan serius dan teliti. Tahapan pertama harus tetap dilakukan berdasarkan 4 tahapan Plan, Do, Check, Action. Kemudian perlu dilakukan perawatan untuk menjaga performansi track agar dalam kondisi optimal.

Sebagai narasumber selanjutnya, Leo Haring menyampaikan topik Light Rail Technology. Dia menekankan bahwa “tram it’s not a train”. Light rail biasa dikembangkan dalam beberapa tahapan dimana tiap tahapan harus berkesinambungan dengan tahapan berikutnya. Dari sisi investasi, Light rail dirasa lebih baik karena mempunyai mempunyai karakterisktik lebih fleksibel seperti halnya dapat dipadukan dengan jalan raya dan gradient lebih tinggi.

Dalam acara ini dihadiri pula oleh Ir. Hermanto Dwiatmoko (Ketua Umum Masyarakat Perkeretaapian Indonesia), Dewayana (Dirut LEN Railways System) dan Widyatmoko (Ketua Indonesia Transportation Forum).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *