Pin It

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2018

132 Views

Seluruh masyarakat Kabupaten Kampar dihimbau untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi resiko bencana di daerah masing-masing. Hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi semua pihak karena di Kampar selama ini telah banyak mengalami bencana, seperti banjir, puting beliung, kabut asap dan lainnya.

Himbauan itu disampaikan  Bupati Kampar H. Azis Zaenal SH MM melalui Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto pada Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Pelajar Bangkinang , Rabu (9/5). Upacara juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kampar dan para pejabat di lingkungan Pemkab Kampar.

Wabup memaparkan bahwa selain itu perlu diketahui tolok ukur tingkat kesiapsiagaan masyarakat baik di tingkatka pusat maupun daerah dalam menghadapi ancaman bencana.  Sebab, hingga saat ini masih ada beberapa desa di Kabupaten yang mengalami bencana dan berakibat buruk terhadap perkembangan anak-anak, orang tua lanjut usia, ibu hamil dan bahkan mengakibatkan lumpuhnya sendi-sendi kehidupan di lingkungan masyarakat.

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kampar, mari kita bahu membahu untuk kesiapsiagaan terhadap bencana, karena dengan demikian kita akan bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Dikatakan Catur, sesungguhnya kejadian bencana adalah kekuasaan Allah, sehingga kejadian bencana tidak bisa diprediksi. Namun begitu kita diwajibkan untuk ikhtiar atau berusaha untuk selalu waspada dan membentuk suatu kesiapsiagaan dalam tingkat keluarga maupun individu.

“Perlu saya sampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar selaku moderator pelaksana dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Kampar bahwa kesiapsiagaan bencana  sangat tepat dan perlu dilakukan agar semua pihak dapat berbuat dan terlibat langsung memberikan saran-saran dan kontribusi,” pungkasnya. (Dishubkampar/rd/).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *