Pin It

Informasi Penting tentang Keselamatan Transportasi

42 Views

 

 

 

HAL PENTING SEPUTAR SABUK PENGAMAN

  • Penumpang di Kabin Belakang Wajib Kenakan Sabuk Pengaman

Hal ini sepertinya menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan. Padahal, hanya karena duduk di kursi bagian belakang, bukan berarti risiko kecelakaan lebih rendah. Sebenarnya risiko tersebut cenderung lebih besar.

Jika kecelakaan terjadi saat Anda duduk di kabin belakang dan tidak menggunakan sabuk pengaman, kemungkinan Anda akan terdorong ke depan dari jarak yang lebih jauh. Akibatnya, daya benturan yang terjadi lebih keras. Mungkin Anda pernah membaca berita tentang kecelakaan mobil yaitu kabin depan dipenuhi penumpang yang bertumpuk. Hal tersebut disebabkan oleh penumpang pelanggan yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

  • Pasanglah Sabuk Pengaman Sebelum Berkendara

Kapan biasanya Anda memasang sabuk pengaman? Selalu pasang sebelum mobil mulai berjalan, terutama bagi yang menyetir. Pasalnya, memasang sabuk pengaman sambil menyetir dapat mengurangi konsentrasi, terlebih jika menyetir dalam kecepatan cukup tinggi. Bisa-bisa kehilangan kendali dari setir mobil. Oleh sebab itu, biasakan memasang sabuk pengaman sebelum menyalakan mesin mobil. Jika perlu, tempelkan post-it di dashboard mobil agar Anda ingat terus.

  • Tidak Perlu Menambahkan Aksesori

Sebagai pemilik mobil, wajar apabila Anda ingin mempercantik tampilan interior mobil dengan memasang berbagai aksesori, salah satunya pada sabuk pengaman. Mungkin bermaksud ingin menyesuaikan tampilan warna dengan jok mobil.

Sebaiknya Anda tidak perlu menambahkan aksesori pada sabuk pengaman karena dapat mengurangi daya cengkeram pada tubuh Anda saat terjadi tabrakan. Akibatnya, sabuk pengaman tersebut bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lagi pula, sabuk pengaman mobil telah didesain dengan ukuran tertentu dan dibuat dari bahan khusus yang tidak licin sebagai perlindungan keselamatan penumpang.

  • Duduk dengan Posisi yang Benar

Hal yang tak kalah penting dari penggunaan sabuk pengaman adalah posisi duduk di dalam mobil. Usahakan untuk duduk dengan tegak. Jangan menurunkan sandaran kursi lebih dari yang dibutuhkan karena jika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman bisa melewati pinggang Anda dan menahan perut secara paksa. Alhasil, leher Anda bisa berisiko terkena cedera. Khusus bagi pengendara mobil, atur posisi duduk agar tidak terlalu dekat dengan roda kemudi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MANFAAT HELM BAGI PENGENDARA MOTOR

  • Melindungi Kepala dari Benturan Saat Kecelakaan

Apa yang terjadi jika tiba-tiba kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju kencang? Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat mendarat entah itu aspal, batu, pagar pembatas, pohon, rumput dan lain sebagainya. Tidak bisa kita bayangkan jika kita jatuh dengan posisi kepala lebih dulu pada benda keras karena bisa menyebabkan kematian. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri anda, maka bekali diri anda dengan helm yang dapat meminimalisir efek benturan yang terjadi. Gunakan helm yang memiliki sertifikasi SNI asli agar lebih terjamin kualitas proteksinya. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kita, rasanya nyaman dipakai dan ada pelindung dagu agar tidak luka/besot saat terjatuh dari motor, terutama helm yang half face.

  • Melindungi Kepala dari Basah Air Hujan

Saat hujan turun, helm akan sangat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering tidak kehujanan. Kombinasi setelan mantel hujan, sepatu bot dan helm cukup untuk menaklukkan hujan ketika berkendara dengan sepeda motor. Bagi sebagian orang, daerah kepala harus tetap kering agar tidak jatuh sakit, sehingga akan sangat terbantu sekali oleh helm ketika hujan jatuh secara mendadak di tengah jalan. Jika menggunakan helm tidak standar seperti helm cetok / helm proyek, maka kemungkinan untuk basah pada bagian kepala sangat besar.

  • Membuat Penampilan Menjadi Lebih Baik (Estetika)

Helm bisa menunjukkan serta meningkatkan status sosial / kelas sosial seseorang. Ada banyak orang yang ekonominya menengah ke bawah menjadi terlihat berasal dari kalangan elit dengan sepeda motor keren dan kelengkapan berkendara yang keren pula termasuk helmnya. Tanpa helm yang bagus dan bersih, maka rasa percaya diri seseorang bisa turun. Helm yang keren beserta pakaian biker keren lainnya bisa menipu orang lain yang melihatnya, karena seseorang yang biasa-biasa saja bisa berubah menjadi sangat keren.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERIKSA BAN SEBELUM BERKENDARAAN

  • Pemeriksaan tekanan angin. Saat pemeriksaan tekanan angin, sesuaikanlah tekanan angin dengan berat muatan, atau naikan tekanan ke standar maksimum. Kemudian periksalah tekanan angin minimal sebulan sekali.Pemeriksaan tekanan angin hanya dilakukan saat ban dalam keadaan dingin. Untuk ban cadangan, tekanan angin harus di atas tekanan standar.
  • Perlu diperhatikan adalah bersihkan ban dari benda-benda asing. Sebab acapkali ada benda-benda yang menempel dan bisa merusak alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan sebagainya.
  •  Selanjutnya, periksa bagian luar ban. Apabila ada sobek atau retak, ban disarankan diganti karena berpotensi pecah tiba-tiba saat tengah digunakan.
  • periksa tanda keausan pada ban. Bila alur ban menjadi 1,6 mm atau kurang, segeralah ganti ban dengan yang baru.

 

 

 

Lihat sebelum menyeberang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jangan menulis saat berkendara

 

 

 

 

 

 

Mematuhi batas kecepatan

 

 

 

 

 

 

 

Tidak pernah minum saat mengemudi

 

 

 

 

 

 

 

Berhenti ketika kamu lelah

 

 

 

 

 

 

 

Selalu memperhatikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *