Pin It

Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Kampar 2018-2038

73 Views

Draf Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Kampar 2018-2038 perlu penyempurnaan/diperbaharui (updating), mengingat sudah hampir 7 tahun draf RTRW Kabupaten Kampar belum tuntas dibahas dan disyahkan sebagai peraturan daerah (Perda). Dalam kurun tujuh tahun terakhir ini sudah banyak terjadi perubahan peruntuhan lahan (tata ruang dan wilayah) di lapangan yang tidak sesuai dengan draf RTRW dimaksud.

Maka untuk  penyempurnaan draf RTRW ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar bersama tim teknis, tenaga ahli dan OPD  terkait melakukan  rapat pemaparan dan  diskusi langkah-langkah pelaksanaan review draf RTRW Kabupaten Kampar 2018-2038 yang dilaksanakan  di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Senin (28/5/17).

Pemaparan dan Diskusi tersebut dibuka Plt Kepala Bappeda  Kabupaten Kampar.  Pada  kesempatan  tersebut Plt Kepala Bappeda menyampaikan bahwa draf RTRW ini harus segera disempurnakan dengan tetap mensingkronkan  dengan draf RTRW Provinsi Riau. “Buat alur penyelesaian review RTRW  Kabupaten Kampar ini dan ikuti alur tersebut.

mengingatkan untuk  percepatan penyelesaian  review draf  RTRW ini,  maka  seluruh OPD terkait  bersama tim teknis  agar dapat bekerjasama dengan baik, saling dukung  sehingga  masalah  RTRW ini cepat tuntas. “Kita  harus serius menyelesaikan ini,” ingatnya.

Usai dibuka oleh Plt Kepala Bappeda, rapat dilanjutkan dengan dipimpin oleh Sekretaris Daerah.  Sekda menyampaikan bahwa  dalam rapat ini akan banyak masukan dari peserta  karena, mereka yang hadir dalam diskusi ini adalah mereka yang sudah lama  terlibat dalam penyusunan draf RTRW Kabupaten Kampar.

Tim Ahli Perpetaan pada kesempatan tersebut menyampaikan Perpetaan RTRW Kabupaten Kampar 2011-2031. Ada 15 peta  yang terkait dengan RTRW ini seperti Peta Administrasi Kabupaten Kampar,  Peta Orientasi Wilayah Perencanaan, Peta Geologi Kabupaten Kampar, Peta Kondisi Hidrologi Kabupaten Kampar, Peta Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Kampar, Peta Kawasan Hutan Kabupaten Kampar, Peta Kemiringan Lereng Kabupaten Kampar, Peta Rawan Bencana Kabupaten Kampar, Peta Penggunaan Lahan Kabupaten Kampar, Peta Satuan Unit Lahan Kabupaten Kampar dan peta lainnya.

Dinas perhubungan memberikan 2 usulan pada langkah – langkah pelaksanaan review draf RTRW kabupaten kampar 2018-2038 yaitu penambahan transportasi udara pada pasal 12 dan acuan kepada   penambahan sistem Transportasi nasional.

(Dishubkampar/rd/al).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *