Pin It

Menhub: Inovasi Dukung Peningkatan Pelayanan Sektor Transportasi

23 Views

Sektor transportasi merupakan sektor yang dinamis. Sektor ini selalu membutuhkan pembaharuan guna terus meningkatkan pelayanan keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi bagi para penggunanya. Karenanya inovasi merupakan sebuah keharusan dan keniscayaan. “Dalam sektor transportasi, inovasi merupakan harga mati,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keynote speaker pada acara Digital Innovation Festival (Di Fest) 2018, di Gedung Telkom Hub, Jakarta, Kamis (13/12).

Seperti diketahui, bahwa peran inovasi menjadi kunci penting bagi pembangunan ekonomi. Dalam perkembangannya di era milenial saat ini perjalanan negara maju telah membuktikan hal tersebut dalam beberapa dekade. Adanya hubungan statistik yang jelas antara inovasi dengan peningkatan standar hidup masyarakat, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memacu produk baru dan proses bisnis baru dalam semua sektor kehidupan, ataupun proses inovatif dalam menghasilkan barang dan jasa. Dalam konteks teknologi ICT/TIK, inovasi mencakup produk teknologi ataupun pemanfaatan teknologi.

Peran sektor transportasi telah membuka ruang bagi pemanfaatan inovasi startup untuk peningkatan kinerja khususnya dalam bidang Transportasi. Ditengah perkembangan teknologi saat ini, teknologi informasi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, tak terkecuali dalam bidang transportasi.

Menhub mengatakan Kementerian Perhubungan mendukung perkembangan startup dalam koridor legal yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan. Pengembangan startup di sektor transportasi tidak hanya berorientasi untuk menjadi unicorn, tapi juga berorientasi produksi yang mengedepankan pelayanan, bukan capital aset.

Dukungan Kemenhub terhadap pengembangan startup yaitu dengan membentuk Transhub Community. Pembentukan Transhub Community dilakukan agar forum tersebut bisa menjadi wahana untuk menjalin komunikasi, berbagi ilmu, mencari solusi, dan mencetuskan ide-ide baru yang konstruktif. Transhub Community adalah hasil dari Lomba Transhub Challenge 2018 yang telah terlaksana dengan baik dan sukses. Transhub Community melibatkan akademisi, pelaku startup, dan investor.

“Inovasi itu biasanya banyak dilakukan kalangan milenials dan negara ini butuh solusi. Saya secara khusus meminta Kemenhub berkolaborasi dengan para startup, karenanya kita membentuk Transhub Community. Lewat komunitas tersebut mereka bisa berdiskusi dan berbagi informasi. Kita juga mencarikan ‘bapak angkat’ bagi mereka, sehingga mereka dapat lebih berkembang lagi, karena industri membutuhkan hal ini,” tutur Menhub.

Sebagai informasi perkembangan perusahaan perintis (startup) berdasarkan data startuprangking.com pada akhir Februari 2018, tercatat bahwa Indonesia berada di peringkat empat dunia dengan jumlah perusahaan perintis mencapai 1.716 perusahaan atau di bawah Amerika Serikat (28.821), India (4.753) dan Inggris (2.983) dan kedepannya diperkirakan akan terus meningkat.
sumber : http://dephub.go.id/post/read/menhub–inovasi-dukung-peningkatan-pelayanan-sektor-transportasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *