Pin It

Klinik Transportasi Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian di Kabupaten Kampar

262 Views

 

Selasa (26/02/2019), Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar bersama Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Transportasi Jalan dan Perkeretaapiaan melaksanakan rapat bersama untuk membahas “Kegiatan Klinik Transportasi di Kabupaten Kampar 2019” dengan Fokus Kajian Angkutan Pedesaan. Bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar.

Rapat dihadiri oleh Tim  Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Jalan dan Perkeretaapian dari Kementerian Perhubungan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Seksi,  ASN serta Staff Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar.

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan  Kabupaten Kampar Drs, Mahadi, MH dengan menyampaikan arahan kepada Tim  Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Jalan dan Perkeretaapian : Terminal yang ada di Kabupaten Kampar diantaranya Terminal Tipe A Bangkinang (Aktif), Terminal Tipe C Suka Ramai (Suram) Kecamatan Tapung Hulu (Tidak Aktif), dan Terminal Tipe C Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir (Tidak Aktif). Untuk saat ini, Terminal Tipe A Kemenhub yang masih aktif dengan angkutan perkotaan yang telah diisi pelayanan angkutan Bus Sekolah di beberapa titik (Program Angkutan Sekolah Gratis) yang terdiri dari 3 Bus Dishub ditambah 1 Bus Polisi. Dengan adanya program ini dapat menekan angka kecelakaan dan orang tua sangat menyambut baik program ini. Namun di luar kota Bangkinang belum ada sama sekali trayek Angkutan Pedesaan yang diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Dengan adanya kegiatan ini diharapakan dapat menghidupkan Trayek Kecamatan serta mendapatkan Angkutan untuk Pelayanan masyarakat.

Penyampaian Arahan Terhadap Permasalahan Angkutan Pedesaan di Kab. Kampar

Dilanjutkan pemberian arahan dari Tim  Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Transportasi Jalan dan Perkeretaapian dengan menyampaikan Penelitian Permasalahan Angkutan Pedesaan berdasarkan Permasalahan Angkutan Pedesaan yang ada di Kabupaten Kampar. Belum adanya penumpang dikarenakan sebagian besar angkutan kurang terawat, juga dikarenakan tidak ada angkutan pedesaan. Selain itu, saat ini angkutan yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah sepeda motor dan mobil pribadi. Kemudian kurang aksesibel lintasan trayek dari tempat tinggal sehingga seseorang harus menempuh jarak yang agak jauh menuju ke lintasan trayek yang berakibat calon penumpang terpaksa harus naik kenderaan-kenderaan sewa, disini bisa dilihat Fungsi Terminal sebagai turun naiknya penumpang serta alih moda belum berfungsi dengan baik serta konsep pelayanan yaitu ingin cepat sampai dan biaya murah tidak dapat dirasakan oleh masyarakat. Melihat permasalahan ini akan difokuskan pada Angkutan Pedesaan di Daerah yang terisolir di Kabupaten Kampar. Oleh karena itu, untuk melaksanakan kajian penelitian ini dibutuhkan data-data sebagai berikut:

  • Tata ruang
  • Renstra
  • Informasi Trayek
  • Menginventarisasi Load Factor
  • Waktu perjalanan
  • Frekwensi Datangnya Angkutan
  • Jumlah Angkutan yang Tersedia
  • dan Lain sebagainya

Penyampaian Arahan dari Tim Puslitbang Mengenai Kajian Klinik Transportasi di Kabupaten Kampar 2019

Dikarenakan angkutan sudah mati tidak memungkinkan untuk melakukan survey Load Factor dan lainnya, sehingga yang dapat dilakukan adalah Interview kepada masyarakat. Interview kepada masyarkat  dilaksanakan oleh Tim Puslitbang bersama Anggota dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar selama dua hari pada hari Rabu – Kamis (27-28 Februari 2019) di beberapa wilayah Kabupaten Kampar.

Kadishub Kampar sangat mendukung baik kegiatan ini, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menghidupkan Trayek Kecamatan serta mendapatkan Angkutan untuk Pelayanan masyarakat. Mengakhiri kegiatan rapat dilakukan foto bersama.

Foto Bersama Dinas Perhubungan Kab. Kampar dengan Tim Puslitbang Perhubungan Darat dan Perkretaapian

Setelah Istirahat, kembali dilaksanakan Briefing di ruang Bidang Pengembangan dan Keselamatan untuk membahas Dokumen-dokumen yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan penelitian terkait Angkutan Pedesaan serta membahas prosedur keberangkatan ke beberapa Wilayah yang akan dijadikan fokus penelitian.

(Dishub KPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *