Pin It

Pembukaan Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Diklat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau Tahun 2019

73 Views

Acara pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kementerian Perhubungan dibuka langsung oleh Wakil Direktur III Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan  Palembang Bapak Rudi Sugiharto M.Pd di Stanum Bangkinang Kota, Senin ( 7/10/19). Diklat Pemberdayaan Masyarakat Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang akan dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari di Kabupaten Kampar, yang terdiri dari: Diklat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau, selama 3 (tiga) hari dari tanggal 07 s/d 09 Oktober 2019,  sebanyak 90 (sembilan puluh) orang. Diklat Kecakapan Awak Kapal, selama 5 (lima) hari dari tanggal 10 s/d 14 Oktober 2019, selama 5 (lima) hari  sebanyak 90 (sembilan puluh) orang, dan Diklat Pengelasan Dasar selama 5 (lima) hari, dari tanggal 15 s/d 19 Oktober 2019 sebanyak 90 (sembilan puluh) orang, yang dilaksanakan di Stanum Bangkinang.

Pembukaan DPM dihadiri oleh Sekda Kampar, Wakil Direktur III Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang beserta jajaran, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Kampar beserta jajaran, serta Peserta DPM Diklat Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau. Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia oleh seluruh Undangan dan Peserta Diklat. Selanjutnya, Laporan Pelaksanaan Diklat dari Kementerian Perhubungan.

Seluruh Undangan dan Peserta Menyanyikan Lagu Indonsesia Raya

Laporan Pelaksanaan Diklat dari Kementerian Perhubungan

Dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan untuk masyarakat Kabupaten Kampar yang bersumber dari dana APBN Tahun 2019 ini. Ini kali kedua Kabupaten Kampar di sektor Perhubungan melaksanakan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang pertama tentang keselamatan lalulintas dan sekarang tentang Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran di Kapal Sungai dan Danau, ujar Yusri.

Sekda Kampar juga mengucapkan terima kasih karena Kabupaten Kampar akan menerima transportasi air (Kapal) dari Kementerian Perhubungan RI. Disampaikan kepada seluruh peserta Diklat “Kapalnya belum sampai, pendidikannya sudah kita dapat, ini lebih baik”.

Dalam arahannya, Sekda Kampar juga menyampaikan Dinas Perhubungan hari ini sudah mencatat dan mendata peserta pelatihan, sehingga suatu saat dibutuhkan Tenaga Kerja yang diutamakan adalah peserta pelatihan ini atau yang sudah memiliki sertifikat. Ini sebagai bukti dalam Memberdayakan Masyarakat, tidak saja Dinas Perhubungan yang tahu bagaimana cara memadamkan dan memberikan keselamatan, namun masyarakat umum harus tahu.

Penyampaian arahan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si

Simbolis Penyerahan Alat Tulis dan Bahan Bacaan Materi Diklat dari Kemenhub kepada Sekda Kampar

Dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Wakil Direktur III Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan  Palembang Bapak Rudi Sugiharto M.Pd. Disampaikan bahwasanya tujuan dari Diklat ini adalah untuk mendidik Bapak/Ibu atau Peserta Diklat agar mampu, cakap dalam mengoperasikan atau mengelola Sungai Danau dan Penyeberangan dalam hal ini Sungai dan Danau. Diklat ini Gratis, dalam artian dari APBN. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta Diklat untuk mengikuti Diklat dengan baik, sehingga bisa diterapkan langsung di lapangan.

“Saran, kepada Bapak Kadis atau Pemerintah Daerah untuk bisa melaksanaan MoU dengan kami, sehingga sewaktu-waktu bisa menghubungi kami”, ujar Rudi Sugiharto.

Arahan dari Wakil Direktur III Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan  Palembang Bapak Rudi Sugiharto M.Pd

Penyerahan Perlengkapan Diklat kepada Perwakilan Peserta Diklat

Kegiatan ini diselenggarakan antara Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan  Palembang dengan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Foto Bersama seluruh Undangan dan Peserta Diklat

(Dishub KPR/CM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *