Pin It

MTQ Riau ke-38 Dibuka, Ribuan Penonton di Lapangan Merdeka Terpukau oleh Musikalisasi Puisi Bupati Kampar

613 Views

Tak disangka. Ternyata Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto menyimpan bakat kepenyairan. Bakat itu sontak membuat ribuan penonton yang memadati Lapangan Merdeka Bangkinang terpukau hening. Termasuk Gubernur Riau Drs H Syamsuar.

Mereka seakan menikmati musikalisasi puisi bertajuk ‘al Qur’an’ oleh sang Bupati di Bangkinang pada Minggu malam (23/11 2019)

Tampil bak seorang pendakwah yang memakai kopiah hitam, baju Melayu orange, Catur Sugeng berdiri tegap di podium kehormatan. Perlahan ia menarik nafas. Dan, membacakan bait-bait puisi yang tergenggam erat di kedua tangannya. Alunan musik diiringi kilauan lampu berwarna warni membuat suasana hening jadi mencekam.

Ratusan penari yang duduk dihadapan sang bupati ikut menambah kesemarakan musikalisasi. Mengikuti ritme musik mereka mengangkat tangan dan menggerakkan tubuhnya lahan per lahan.

Suasana hening terasa kian bermakna ketika seorang lelaki bersuara bulat dan lafaz yang jelas tiba-tiba membaca surat Iqra’. Bupati pun menggetarkan suaranya berpuisi dalam alunan musik dan gerak para penari. ‘‘Al Quran/Kitab suci kumpulan firman/Sedikitpun tak ada keraguan/Karena di dada kita/Semestanya bersemayam iman,” kata Catur Sugeng sambil membentangkan tangan kirinya ke penonton.

Ia melanjutkan, ”Al Quran/Terangkum semua firman/Tak sedikitpun ada keraguan/Sepanjang hidup jadi berpedoman/Dalam berbuat jadi pegangan/Tameng hidup demi keselamatan. Al Quran/Terukir filsafah kemulian/Jadi sumber dasar hukum aturan/Tiada tanding ke akhir zaman,” ujarnya lagi. Lalu, Al Quran/Sepanjang hari kita lantunkan/Dalam ibadah wajib sunah sekalian/Di surau langgar tempat/pengajian Karena kita harap perlindungan/Karena kita mohon keselamatan/Kepada Mu Ya Allah khalikul alam. Al Quran/Kita cinta Al Quran.

Catur Sugeng kemudian menutup puisinya dengan himbauan: Mari Kita sukseskan Musabaqah Tilawatil Quran.

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Provinsi Riau ke-38 di Kota Bangkinang tak hanya meriah karena lapangan Merdeka dihadiri ribuan penonton. Tetapi juga karena acara tersebut dikemas dalam suasana yang Islami. Para kafilah yang datang dari seluruh kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning dibuat berdecak kagum oleh attraksi seni keislaman yang tampilannya berbeda dengan MTQ-MTQ di tahun sebelumnya. Itu karena keberhasilan Pemerintah Kabupaten Kampar menyuguhkan parade pembukaan yang selain menghibur juga mengundang decak kagum.

Ditambah lagi dengan kehadiran Nissa Sabyan. Penyanyi gambus yang sedang naik daun itu ikut pula membuat suasana open ceremony menjadi hidup.

Harapan Catur Sugeng lainnya, masyarakat senantiasa mengamalkan, menghafal dan memahami Alquran dalam kehidupan sehari-hari agar pengaruh negatif yang ada dalam kehidupan.

“Dengan mengamalkan isi kandungan Al-quran, kita bisa terhindar dari pengaruh negatif yang ada dalam kehidupan,” ujar Catur Sugeng.

Hal senada disampaikan Gubernur Riau Drs H Syamsuar. Dikatakan, Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen mewujudkan masyarakat Riau yang Qurani, meningkatkan minat baca alquran sehingga rumah tangga kita disinari dengan bacaan-bacaan Al Quran, dan sekaligus dapat menjadikan rumah tangga sebagai taman surga untuk meningkatkan generasi Al Quran.

MTQ ke-38 yang dibuka Minggu malam dilaksanakan hingga Sabtu (30/11 2019). Selain dihadiri Wakil Gubernur Edi Natar Nasution, bupati/wali kota se-Provinsi Riau, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kabupaten Kampar, turut pula Syahrul Aidi Maazat, Anggota DPR RI, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *